• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 20.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 087804429933
  • SMS/WA: 085799077078
  • info@fahrunihijab.com
Terpopuler:

Perbedaan Hijab, Khimar dan Jilbab

28 June 2018 - Kategori Blog

Hijab, Khimar dan Kerudung merupakan istilah umum yang sudah sering didengar. Kain yang bertujuan untuk menutup aurat dan sebagai ciri khas dari wanita muslim agar lebih dekat oleh sang pencipta. Lalu apa saja Perbedaan Hijab, Khimar dan Jilbab?

 

Perbedaan Hijab, Khimar dan Jilbab Menurut Para Ahli

 

Dalam wikipedia hijab berasal dari bahasa arab yang memiliki arti tabir, penutup atau penghalang. Dibeberapa negara mayoritas muslim dan negara barat, hijab merupakan kerudung yang dipakai oleh wanita muslim sementara Jilbab berjamak jalabib adalah pakaian yang lapang atau luas, disini diartikan bahwasannya pakaian yang dapat menutup seluruh aurat kecuali muka dan telapak tangan dan  yang terakhir adalah khimar ataupun dalam bahasa indonesia lebih dikenal dengan kerudung yang berarti tudung penutup yang menjuntai hingga menutupi dada.

Perbedaan Hijab, Khimar dan Jilbab lainnya yang tercantum pada Al-Quran karim dalam surat Al-Ahzab ayat 59 dengan arti “Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutup jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. Dan ini sejalan dengan Hadist nabi dengan arti “Wahai Asma! Sesungguhnya seorang perempuan apabila sudah cukup umur, tidak boleh dilihat seluruh anggota tubuhnya, kecuali ini dan ini, sambil Rasulullah SAW menunjuk muka dan kedua tapak tangannya”.

Sedangkan pada masa empat imam terkenal yaitu Maliki, Hanafi, Syafi’i dan Hanbali berpendapat bahwasannya wajah wanita bukanlah aurat yang wajib ditutupi jika sekiranya tidak dikhawatirkan terjadi fitnah ataupun godaan lainnya. bagi sebagian pengikut madzhab Syafi’i berkesimpulan bahwa wajah dan telapak tangan wanita adalah aurat yang wajib ditutupi hal ini dapat dilihat dalam kitab al-fiqh ‘ala mazaahibul arba’ah. Namun ketika disimpulkan menurut empat Imam bahwasannya ajah dan telapak tangan boleh diperlihatkan dengan menimbang kehidupan sehari-hari wanita muslim untuk bermuamalah.

Untuk khimar atau kerudung terdapat pada Al-Quran surat An-Nur ayat 31 yang artinya “Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman, “Agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya”. Perbedaan Hijab, Khimar dan Jilbab pada pembahasan kali ini semoga dapat menambah pengetahuan bagi wanita muslim.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *